Menganalisis Ilmu Fotografi

MENGANALISIS ILMU FOTOGRAFI
 
     Fotografi merupakan suatu ilmu, seni, aplikasi dan praktek penciptaan gambar dengan cara merekam cahaya atau radiasi elektromaknetik. Istilah fotografi berasal dari bahasa yunani yaitu yunani yang berarti sinar dan graphos yang berarti menulis atau melukis. Dengan demikian, fotografi adalah menulis atau melukis dengan menggunakan sinar.
     untuk mendapatkan hasil foto terbaik, selain kita harus memahami berbagai dasar - dasar fotografi yang meliputi pengetahuan tentang kamera dan berbagai jenis kamera dengan segala seluk buluknya, pemahaman tentang pencahayaan dalam fotografi, berbagai jenis lensa, komposisi, depth of field, dan lain lain, kita juga harus memahami berbagai teknik dasar fotografi.

A. Jenis - Jenis Fotografi

1. Fotografi Jurnalistik ( Photojournalism)
        Fotografi Jurnalistik membutuhkan fotografer nya untuk memotret sesuai dengan fakta aslinya, tidak ada perubahan atau tidak ada manipulasi terhadap peristiwa aslinya. foto dari fotografi jurnalistik sering berupa foto yang bermakna kuat yang melibatkan pemirsa atau pembaca ke dalam suatu cerita.

2. Fotografi dokumenter ( dokumentary photografi)
    foto dokumenter menceritakan sebuah peristiwa dengan gambar. perbedaan utama antara fotografi jurnalistik dan fotografi dokumenter adalah bahwa fotografi dokumenter dimaksudkan sebagai dokumen sejarah era politik atau sosial, sementara fotografi jurnalistik berisi peristiwa kejadian tertentu saja.

3. Fotografi Aksi (action photografhy)
    seorang fotografer propesional yang mengambil foto aksi dapat mengkhususkan diri dalam berbagai objek yang berbeda, fotogarfi olahraga adalah salah satu jenis aksi tercepat dan paling menarik dari fotografi. seperti halnya memotret suatu aksi, seorang fotografer olahraga yang handal harus tahu objek nya dengan baik untuk mengantisipasi kapan harus mengambil gambar. aturan yang sama berlaku untuk fotografer yang mengambil foto aksi hewan di alam atau foto anak anak bermain bola disawah.

4. Fotografi Makro (macro photography)
     Fotografi makro adalah jenis fotografi dengan pengambilan gambar dari jarak dekat. fotografi ini membutuhkan peralatan yang canggih dan mahal, akan tetapi fotografer amatir dapat berlatih dengan menggunakan mode macro pada kamera digital. objek fotografi mackro dapat berupa serangga,bunga, bulir air atau benda lain yang kalau di close up kan akan menghasilkan detail yang menarik.

5. Fotografi Mikro ( micro photography)
    Fotografi mikro menggunakan kamera khusus dan mikroskop untuk menangkap gambar objek yang sangat kecil. kebanykan aplikasi fotografi mikro paling cocok untuk dunia ilmiah. misalnya,fotografi yang digunakan dalam disiplin ilmu yang beragam seperti astronomi, biologi dan kedokteran.

6. Fotografi Glamour ( Glamour photography)
    Fotogarfi glamour berusaha untuk menangkap objek dalam pose yang menekan kurva dan bayangan. seperti namanya tujuan fotografi glamour adalah untuk menggambarkan model dalam cahaya glamour.

7. Fotografi Aerial ( aerial photography)
   seorang fotografi aerial mempunyai spesialisasi dalam mengambil foto dari udara. foto dapat digunakan untuk survei atau kontruksi, fotografi aerial biasanya menggunakan pesawat, parasut ,balon, untuk mengambil foto dari udara.

8. Fotografi seni rupa ( fine art photography)
    Fotografi seni rupa juga dikenal hanya sebagai fotografi seni, mengacu pada cabang fotografi yang didedikasikan untuk mengproduksi foto untuk tujuan murni estetika.

Komentar

Posting Komentar